HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Hari pendidikan Nasional merupakan momen penting dalam bidang pendidikan. Para pahlawan pendidikan berjuang bertaruh harta, nyawa demi pendidikan anak – anak bangsa . Penjajah berupaya bagaimana bangsa jajahannya tetap bodoh dengan demikian mereka dengan mudah menguasai seluruh aspek kehidupan bangsa jajahan. Suka duka dan getir pahit menghasilkan karakter bangsa yang lebih nasionalis, patriotis, optimis serta santun. Jangankan minta Laptop atau sejenisnya, untuk dapat buku tulis saja sangat susah. Tetapi para pelajar masa lalu telah banyak membangun negara dan bangsa ini, terimakasih atas jasa para pahlawan spesial pahlawan pendidikan, jasamu kami kenang sepanjang hayat.
Pesan Menteri Pendidikan Hadirin yang berbahagia, Ibarat tubuh, agar tahan terhadap berbagai macam penyakit, haruslah daya imunitasnya ditingkatkan, satu di antara upayanya adalah melalui vaksinasi. Dalam perspektif sosial kemasyarakatan ada tiga penyakit sosial yang sangat besar dampak negatifnya yaitu (i) kemiskinan; (ii) ketidaktahuan; dan (iii) keterbelakangan beradaban. Bagaimana caranya menaikkan daya tahan (imunitas) sosial agar terhindar dari ketiga macam penyakit tersebut? Jawabannya adalah pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan dapat menjadi vaksin sosial. Selain sebagai vaksin sosial, pendidikan juga merupakan elevator sosial untuk dapat meningkatkan status sosial. Dua hal itulah yang melatarbelakangi tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, yaitu ”Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan”. Kita memerlukan vaksin dan elevator sosial itu sehingga kita terhindari dari tiga penyakit tersebut dan sekaligus mampu meningkatkan status sosial. Untuk semua siswa/I agar dapat memaknai hari Pendidikan Nasional tahun ini dengan cara belajar sungguh – sungguh.
Di SMP MARIA Padang, pembina Upacara Laut Manurung, S.Sos.MM berpesan kepada siswa/I agar mempersipkan diri menghadapi Ujian Mid Semester dan Ujian Kenaikan Kelas, inilah wujud perjuangan kita di masa sekarang. Selamat Hari Pendidikan, Tuhan memberkati.


No comments:

Post a Comment